MUSRENBANG BIDANG KESEHATAN KAB. CIAMIS/SKPD

Senin, 07 Maret 2011 |

  
MUSRENBANG BIDANG KESEHATAN KABUPATEN CIAMIS
TAHUN 2011

SENIN, 07 MARET 2011
PUSKESMAS CIULU
TATA SUDINTA, SKM.

Bulan Maret ini SKPD-SKPD di Kabupaten Ciamis disibukkan dengan kegiatan penyusunan rencana kerja untuk tahun 2012. Dari Desa sampai dengan ibu kota Kabupaten semua sibuk melaksanakan Musyawarah Perencanaan pembangunan (Musrenbang).
Bertempat diruang Aula Dinas Kesehatan sebagai sebuah SKPD tanggal 07 Maret 2011, bersama puskesmas dengan di fasilitasi Bappeda Kabupaten Ciamis juga melaksanakan Musrenbang bidang kesehatan. Musrenbang Bidang Kesehatan ini merupakan pra musrenbang tingkat Kabupaten yang akan dilaksanakan akhir bulan maret ini.
Bertempat di ruang pertemuan Dinkes musrenbang bidang kesehatan ini dibuka oleh drg. Dendi, MM. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ciamis dan dihadiri oleh drg. Engkan Iskandar, MM. Fasilitator dari Bappeda. Dalam sambutannya dikatakan bahwa; Pemerintah Kabupaten Ciamis melalui program Desa Sehat Siaga berusaha dengan sungguh-sungguh agar derajat kesehatan masyarakat kabupaten Ciamis terus meningkat untuk itulah salah satu sektor unggulan MDGs, kawasan bebas rokok adalah peningkatan kualitas sumber daya manusia, pembangunan bidang kesehatan merupakan sektor penting penentu terciptanya sumber daya manusia berkualitas.
Berbagai program pembangunan kesehatan telah dilaksanakannya antara lain penyuluhan kesehatan, pemberian makanan tambahan, pemberian vitamin, pelayanan kesehatan untuk keluarga miskin, dan lain-lain pelayanan kesehatan. disamping itu juga dalam rangka meningkatkan pelayanan kesehatan telah dibangun prasarana kesehatan antara lain rumah sakit, beberapa puskesmas dan puskesmas pembantu,Poskesdes serta penyedian berbagai sarana pendukung.
Selanjutnya disampaikan juga bahwa beberapa program prioritas pembangunan kesehatan kedepan adalah; Peningkatan kualitas pelayanan kesehatan baik menyangkut sumber daya manusia, obat-obatan maupun sarana dan prasarana; Peningkatan pelayanan kesehatan keluarga miskin; Peningkatan kualitas lingkungan yang sehat; Revitalisasi Puskesmas dan Posyandu serta pengembangan Desa Sehat Siaga Aktif.
Terungkap banyak permasalahan yang disampaikan oleh pimpinan puskesmas berkaitan dengan pelaksanaan pelayanan kesehatan di wilayah kerja masing-masing. Mulai sarana prasarana yang kurang lengkap, baik bangunan fisik maupun peralatan; alat operasional yang kurang; dana operasional yang dirasa belum mencukupi dan jumlah tenaga kesehatan yang jumlahnya terbatas, Masalah-masalah yang diungkapkan oleh puskesmas tersebut akan dijadikan bahan usulan rencana kerja Dinas Kesehatan dalam Musrenbang tingkat Kabupaten. Musrenbang ditutup dengan harapan pihak terkait khususnya Bappeda Kabupaten  Ciamis dapat memperjuangkan apa yang menjadi kebutuhan puskesmas dimasa mendatang.

0 komentar:

Posting Komentar